Selasa, 06 Mei 2008

PERNAK-PERNIK JELANG EURO 2008 (Sumber: SOCCER Series; Panduan EURO 2008)


KEBERHASILAN KEDUA
EURO 2008 menjadi kali kedua penyelenggaraan kompetisi antarnegara anggota UEFA yang dilangsungkan di dua negara. Joint host sebelumnya adalah Belgia dan Belanda pada EURO 2000. Khusus bagi Austria, pencalonan menjadi tuan rumah Piala Eropa adalah kali keduanya. Sebelumnya negara itu pernah mencalonkan diri untuk EURO 2004 sebelum dikalahkan Portugal.




TROFI BARU
Ada hal baru yang ditawarkan EURO 2008 kali ini. Itu adalah trofi yang akan diserahkan kepada kapten sang juara di partai puncak pada tanggal 29 Juni 2008. Trofi baru yang dibuat oleh Asprey London itu tak ubahnya replika yang sangat persis dari karya asli hasil kreasi Arthus Bertrand.


Terjadi beberapa perubahan kecil pada trofi berbobot 8 kg setinggi 60cm itu. Sosok pebola yang sedang melakukan juggling yang berada di bagian belakang trofi dihilangkan. Diganti dengan plakat yang dibuat dari perak 92,5% dan berisikan daftar nama juara. Selain itu, dasar trofi juga dibuat lebih besar sehingga membuat lebih stabil.


HADIAH RP331 MILYAR!
UEFA telah menganggarkan dana sebesar 184 juta euro sebagai prize money untuk 16 kontestan putaran final. Jumlah itu meningkat dari penyelenggaraan sebelumnya yang "hanya" 129 juta euro. Seluruh kontestan masing-masing mendapat "uang saku" 7,5 euro. Setiap kemenangan di penyisihan grup akan bernilai 1 jt euro. Sedangkan jika bermain imbang hanya setengahnya. Jika lolos perempatfinal, maka sebuah timnas akan diganjar 2 jt euro. Jika menembus semifinal, jumlah hadiah akan menjadi 3 jt euro. Sedangkan untuk juara dan runneer-up, masing-masing mendapatkan hadiah 7,5 jt euro dan 4,5 jt euro. Bisa dibayangkan jika sebuah tim yang tampil sebagai juara berhasil melewati fase grup dengan 3 kemenangan, maka hadiah yg didapat akan berjumlah 23 jt euro atau hapir Rp331 milyar.


EUROPASS
Saat pengundian grup di Montreuz, Swiss pada 27 Januari lalu, UEFA juga memperkenalkan bola resmi yang akan dipakai untuk EURO 2008. Bola bikinan Adidas itu diberi nama Europass. Dinamakan itu lantaran bola itu tak ubahnya alat untuk menaklukan Eropa. Desainnya seperti +Teamgeist, boal resmi Piala Dunia 2006 yang terdiri atas 14 panel, namun lebih ringan.
TRIX AND FLIX
Penyelenggaraan yang dilangsungkan di dua negara berimbas juga kepada pemilihan maskot. Maskot EURO 2008 juga terdiri atas dua sosok, yaitu Trix and Flix. Dua sosok kartun yang melambangkan Pegunungan Alpen itu terpilih setelah mendapatkan 36,3 persen suara menyisihkan Zigi and Zigi, dan Flitz and Blitz.
LIKE A SUPERSTAR
Penyanyi berdarah Jamaika, Shaggy, ditunjuk oleh panitia penyelenggara sebagai bagian penting EURO 2008. Dia diminta untuk menyanyikan lagu resmi Austri-Swiss 2008 berjudul "Like A superstar". Keberhasilan Portugal menggandeng Nelly Furtado sebagai penambah daya jual EURO 2004 tampaknya menjadi dasar panpel EURO 2008 memilih penyanyi yg memiliki warna musik dinamis.
Oke, kayaknya makin gak sabar nonton EURO 2008 nihh..

1 komentar:

Luzman mengatakan...

Hei haviz pa kabar?
Bagus juga blognya.
Thx sudah menulis nama saya sebagai tokoh yang menginspirasi kamu. Hehehe..

mau promosi di friendster?
gampang, tulis aja seperti biasa di kolom About me atau Who I want to meet.

tinggal ditulis kode HTML untuk link ke blog kamu. Ntar aku kirim deh via message. Selamat berkarya!

Segenap crew yang bertugas (padahal cuma satu orang), mengucapkan...


I made this widget at MyFlashFetish.com.

THIS BLOG AFFILIATED WITH: WWW.MULAIBELAJARGILA.BLOGSPOT.COM

WILUJENG SUMPING!

CARI POSTING? KLIK DI LABEL:
*Cintah PERSIB make manah: Artikel tentang PERSIB,
*Di Luar Dari Sepakbola: Cerita pengalaman sayah yang konyol gak jelas,
*Sepakbola Indonesia: Artikel sepakbola nasional,
*Sepakbola Internasional: Artikel sepakbola internasional.
*Artikel Media: Artikel yang sudah dimuat di Media Massa


JANGAN LUPA KASIH COMMENT!!!

Terhukum